Breaking

Pengertian Hashing

Assalamualaikum Wr.Wb
Disini saya akan membahas sedikit mengenai hashing


 A.Pengertian
  • Hasing adalah Transformasi aritmatik sebuah string dari karakter menjadi nilai yang merepresentasikan string aslinya. 
B.Latar Belakang
  • KEAMANAN adalah hal yang terpenting dalam bidang komunikasi.Oleh karena itu,peningkatan kemanan suatu data selalu ditingkatkan agar tidak terjadinya penyadapan kepada data yang dikirim
C.Maksud dan Tujuan
  • Hashing digunakan untuk metode penyimpanan data
D.Hasil Yang Diharapkan
  • Mengerti lebih lanjut tentang hashing
E.Alat dan Bahan
  • PC
  • Internet
F.Jangka waktu pelaksanaan
  • 15 menit
G.Tahap pelaksanaan

Hashing digunakan sebagai metode untuk menyimpan data dalam sebuah array agar penyimpanan data, pencarian data, penambahan  data dan penghapusan data dapat dilakukan dengan cepat. Ide dasarnya adalah menghitung posisi record yang dicari dalam array, bukan membandingkan record dengan isi pada array. Fungsi yang mengembalikan nilai atau kunci disebut fungsi hash (hash function) dan array yang digunakan disebut tabel hash (hash table). Hash table menggunakan  struktur  data  array  asosiatif  yang  mengasosiasikan  record   dengan sebuah field kunci unik berupa bilangan (hash) yang merupakan representasi dari record tersebut.

Fungsi hash menyimpan nilai asli atau kunci pada alamat yang sama dengan nilai hash-nya. Pada pencarian suatu nilai pada tabel hash, yang pertama dilakukan adalah menghitung nilai hash dari kunci atau nilai aslinya, kemudian membandingkan kunci atau nilai asli dengan isi pada memori yang beralamat nomor hash-nya. Dengan cara ini, pencarian suatu nilai dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus memeriksa seluruh isi tabel satu per satu.
Selain digunakan pada penyimpanan data, fungsi hash juga digunakan pada algoritma enkripsi sidik jari digital (fingerprint) untuk mengautentifikasi pengirim dan penerima pesan. Sidik jari digital diperoleh dengan fungsi hash, kemudian nilai hash dan tanda pesan yang asli dikirim kepada penerima pesan. Dengan menggunakan fungsi hash yang sama dengan pengirim pesan, penerima pesan mentransformasikan pesan yang diterima. Nilai hash yang diperoleh oleh penerima pesan kemudian dibandingkan dengan nilai hash yang dikirim pengirim pesan.
Kedua nilai hash harus sama dan pasti ada masalah jika tidak sama. Hashing selalu merupakan fungsi satu arah. Fungsi hash yang ideal tidak bisa diperoleh dengan melakukan reverse engineering dengan menganalisa nilai hash. Fungsi hash yang ideal juga seharusnya tidak menghasilkan nilai hash yang sama dari beberapa nilai yang berbeda. Jika hal yang seperti ini terjadi, inilah yang disebut dengan bentrokan (collision). Kemungkinan terjadinya bentrokan tidak dapat dihindari seratus persen. Fungsi  hash  yang  baik  dapat  meminimalkan  kemungkinan  terjadinya  bentrokan.
H.Kesimpulan
  • Hasing digunakan dalam metode penyimpanan dan enkripsi sidik jari
I.Referensi
  • http://www.landasanteori.com/2015/10/pengertian-hashing-definisi-fungsi.html

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.