Breaking

Membuat Form di html



Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikana atau membahas Form HTML,yuk simak lebih lanjut pengertian maupun contohnya.
Pengertian 
       Form merupakan salah satu bentuk halaman web yang digunakan untuk  menerima masukan dari pengguna, untuk selanjutnya masukan dari pengguna tersebut diolah menggunakan bahasa pemrograman web, baik secara server side scripting (misalkan PHP,JSP) ataupun client-side scripting (javascript). Tag  yang digunakan untuk membuat form ini adalah <form> yang didalamnnya dapat kita selipkan <input>,<textarea>,<option> dan <select>.

Fungsi
       Digunakan untuk login,transaksi penjualan,mengumpulkan informasi atau meminta umpan balik dari pengguna,menawarkan barang/jasa secara omline dan sebagainya.

Tag<form> 
        Dalam tag <from> ini dibutuhkn beberapa atribut untuk memproses data yang akan dikirim. Dan biasanya nilai yang dikirim berupa alamat dari sebuah hlaman untuk memproses data inputan . Dan atribut yang kedua berupa method. Method ini menjelaskan bagaimana data yang akan dikirim oleh web browser. Nilai method ini biasanya get atau post.




Tag<input>
         Tag input merupakan tag yang akan digunakan dalam form pengisian. Tag input ini memiliki banyak sekali bentuk yang bisa digunakan misalkan isian teks,password,checkbox,radio,sampai dengan tombol submit berada dalam tag <input>.

Ini ada beberapa bentuk dalam keluarga <input>:
  1. <input type="text"> textbox yang bisa menerima inputan text misalkan username atau berupa inputan text yang pendek.
  2. <input type="password" > textbox yang menerima inputan tex,akan tetapi text yang diinput akan ditampilkan sebagai tanda bintang atau titik,textbox ini biasanya digunakan untuk membuat inputan password.
  3. <input type="submit">  inputan berupa tombol (button) untuk memproses data inputan dari form.
  4. <input type="checkbox"> inputan berupa checkbox yang dapat di  ceklis oleh user.
  5. <input type="radio"> inputan yang berupa  radio group,dimana user dapat memilih salah satu dari pilihan yang disediakan. Salah satu contoh penggunaan dari radio ini adalah jenis kelamin dan sebagainya. 

 Kesimpulan 
      Diatas adalah contoh yang sangat sederhana, unutk memperindahnya bisa menggunakan CSS.
Referensi
 Semoga apa yang saya bahas atau yang saya bagikan bisa bermanfaat bagi sobat -sobat semua, selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.