Breaking

Hyperlink Di Html



Bab I Pendahuluan
1. Pengertian

Hyperlink atau dalam bahasa Indonesia disebut Pranala adalah sebuah acuan dalam suatu dokumen hypertext ke dokumen yang lain atau sumber lain.
Dari beberapa pengertian hyperlink di atas, maka dapat disimpulkan bahwa hyperlink dapat menghubungkan suatu halaman dengan halaman lain yang masih terdapat pada website itu sendiri, selain itu hyperlink juga dapat menghubungkan suatu halaman website dengan halaman yang terdapat pada website lain. Selain mengaitkan antar halaman, hyperlink juga bisa mengaitkan halaman dengan file multimedia, dan file program.

Hyperlink dapat dipasang pada text maupun gambar. Hyperlink dengan text dapat dibedakan secara visual, secara default text yang dipasang hyperlink pada sebuah halaman website akan berwarna biru dan underline. Sedangkan hyperlink yang terpasang pada gambar tidak bisa dibedakan secara visual langsung, namun jika pointer berada di atas gambar maka pointer tersebut akan berubah tampilan. Jika text ber-hyperlink tersebut diklik maka browser akan menampilkan halaman atau file yang dituju. Jika browser dapat membaca link tujuan tersebut maka akan ditampilkan langsung dalam halaman browser namun jika file tersebut tidak bisa dibaca, maka user diminta untuk menyimpannya dalam komputer atau dikenal dengan istilah download.

2. Latar Belakang

Hyperlink adalah sarana yang dapat digunakan untuk menghubungkan sebuah web page ke web page yang lain atau bahkan ke situs lain.
Ciri-ciri dari hyperlink berupa teks yang bergaris bawah dan berwarna atau sebuah gambar yang jika diklik akan terhubung dengan sebuah file atau ke sebuah lokasi dari sebuah file.

3. Maksud dan Tujuan

Mengarahkan ke halaman lain.

4. Hasil yang Diharapkan

Dapat memindahkan ke halaman web lain tanpa harus menulis url nya

Bab II Alat dan Bahan

Text editor, Web browser, Laptop

Bab III Jangka Waktu Pelaksanaan

Sekitar 1 menit

Bab IV Tahap Pelaksanaan

Hyperlink pada HTML terbentuk dari tag <a>, secara default penulisan hyperlink pada halaman HTML adalah sebagai berikut:
<a href="URL">Anchor Text</a>
Contoh:
<a href="http://www.google.com">Google</a>

Bab V Kesimpulan

Hyperlink dapat mengarahkan halaman web tanpa harus menulis url nya

Bab VI Referensi

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.