Breaking

Hari Ke - 2 || IT Volunter Desa Randulanang

Halo teman - teman, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit pengalaman di hari kedua mengikuti IT Volunteer.
     Pada hari ini saya dan teman-teman melakukan beberapa kegiatan dipagi hari melakukan breeving di Balai Desa Randulanang jam 08:00. Setelah selesai breeving saya dan 2 orang teman saya berangkat ke SDN 1 Randulanang untuk melakukan sosialisasi, akan tetapi pada hari itu anak-anak SDN 1 Randulanang dipulangkan karena ada TO kelas 6 dan kamipun hanya bisa bertemu dengan kepala sekolah dan kemudian melakukan koordinasi mengenai jadwal agenda sosialisasi. Selesai koordinasi saya dan teman-teman kembali ke Balai Desa.
     Pada siang harinya, kami memperkenalan diri dengan perangkat Desa Randulanang sekaligus pembagian tempat tidur kami semua. Setelah selesai, kami lanjut untuk pergi melihat potensi Desa Randulanang, dimulai dari Sejarah desa, Adat istiadat dan wisata yang akan di kembangkan di Desa Randulanang.
     Sedikit gambaran untuk adat istiadat di Desa Randulanang. Disana terdapat sebuah Sumur Punden yang dipercaya oleh warga jika ada nikahan dan dari pihak perempuan berasal dari Desa Randulanang maka pengantin wajib diarak/diiring mengelilingi sumur tersebut sebanyak 3 kali. Dan pada saat pembersihan sumur punden harus menyembelih 2 ekor kambing yang mana nanti kepalanya harus dikubur disetiap sudut sumur tersebut.
     Selanjutnya Pura Randu Agung yang dijadikan tempat ibadah umat Hindu. Walaupun terdapat Pura Randu Agung tapi disana toleransi masih terjaga erat dan bisa hidup berdampingan.
     Kemudian Pohon Randulanang yang dijadikan asal mula nama Desa Randulanang diambil. Kenapa sih kok bisa disebut Randulanang??? Karena pohon tersebut dibeberapa bagiannya menyerupai kelamin cowok (dalam bahasa jawa cowok itu lanang). Dan menurut cerita warga setempat pohon tersebut udah ada sejak ratusan tahun yang lalu.
    Yang terakhir adalah wisata Kali Bagor yang direncanakan bisa menjadi icon desa Randulanang. Disana juga dibangun kampung warna warni yang nantinya bisa menarik pengunjung untuk berkunjung dan berlibur disana.
  • Dokumentasi
 Perkenalan dengan perangkat desa.
 Sumur Punden.
 Pura Randu Agung.
Pohon Randulanang.
 Kali Bagor.
Sekian Informasi hari kedua saya mengikuti IT Volunteer.
Terima kasih sudah membaca dan berkunjung di blog saya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.